5 Cara Menghemat Operasi untuk Bisnis Jasa

5 Cara Menghemat Operasi untuk Bisnis Jasa

5 Cara Menghemat Operasi untuk Bisnis Jasa – Banyak pemilik perusahaan dan pengusaha berbicara tentang bekerja 12 jam sehari atau lebih untuk menjaga perusahaan mereka tetap berjalan. Tidak apa-apa untuk bekerja lebih keras untuk memastikan perusahaan Anda berjalan dengan baik, tetapi kenyataannya, berinvestasi dalam upaya semacam itu secara berkelanjutan dapat melelahkan.

Untungnya, ada 5 Cara Menghemat Operasi untuk Bisnis Jasa.

Apa itu Perampingan?

Perampingan memerlukan penyederhanaan atau penghapusan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang tidak efisien untuk meningkatkan efisiensi perusahaan atau operasi organisasi. Ini sering melibatkan penggunaan teknologi, pendekatan manajemen baru, dan pemikiran kreatif yang sehat. (1)

Meskipun revolusi digital telah membuat peluncuran perusahaan menjadi lebih sederhana di tahun-tahun modern, mempertahankan bisnis yang menguntungkan membawa serangkaian rintangannya sendiri di sepanjang jalan. Ini menyiratkan bahwa mengambil langkah aktif menuju profitabilitas menjadi lebih menantang bagi banyak pemilik perusahaan.

Hal ini terutama berlaku untuk bisnis yang menawarkan layanan karena melayani banyak orang dan harus menangani sejumlah besar tugas administratif dengan sangat cepat. Tidaklah berkelanjutan untuk berjuang melakukan apa yang selalu Anda lakukan jika Anda melampaui batas Anda. Kualitas output Anda akan segera berubah menjadi yang terburuk. Pengusaha harus menyederhanakan operasi mereka dan bertujuan untuk efisiensi dan produktivitas yang optimal.

Bagaimana Anda Menghemat Operasi ?

Meskipun mungkin memerlukan beberapa saat, merampingkan proses Anda lebih baik dilakukan melalui langkah-langkah bertahap yang mengarah pada target peningkatan efisiensi perusahaan Anda. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk merampingkan proses bisnis Anda:

  1. Gunakan Teknologi Perangkat Lunak

Salah satu dari lima cara untuk merampingkan operasi Anda secara efektif adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus industri, seperti Jobber. Ini telah dikembangkan untuk mendukung bisnis yang beroperasi dalam industri layanan lapangan seperti pengendalian hama, pembersihan, dan pemipaan. Perangkat lunak manajemen bisnis semacam ini sangat bagus dalam mengelola jadwal pekerjaan, mengotomatiskan perkiraan, dan memproses faktur. Tugas dapat dilakukan dengan cepat atau bahkan otomatis menggunakan template yang disesuaikan.

Ada tingkat konsistensi dengan cara kerja ini, dan ini memperkuat persepsi profesionalisme, organisasi, dan kepercayaan.

Menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses Anda membantu Anda menjalankan bisnis Anda lebih lancar. Alat-alat ini sangat praktis, memungkinkan pemrosesan yang cepat, dan mempermudah pengelolaan semua yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Kesalahan manusia juga dapat dikurangi dengan penggunaan teknologi ini.

  1. Tetapkan Prioritas Kerja

Bisnis jasa memiliki berbagai proses. Oleh karena itu, menentukan mana yang harus disederhanakan terlebih dahulu mungkin rumit. Untuk memulai, buat inventaris lengkap semua operasi perusahaan Anda. Setelah Anda menyusun daftar itu, Anda harus memprioritaskan tugas Anda untuk memulai pekerjaan Anda dengan lebih efisien.

Tujuannya adalah untuk menentukan proses mana yang memiliki pengaruh yang dapat diabaikan pada perusahaan Anda. Setelah itu, tetapkan jadwal untuk menyederhanakan setiap operasi dan pantau secara teratur saat Anda merampingkan tugas lain dalam bisnis Anda.

Sangat penting untuk melakukan penilaian atas-ke-bawah secara berkala atas operasi Anda saat mengelola perusahaan Anda. Ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi dan menyusun ulang strategi kegiatan yang perlu dimodifikasi atau dihilangkan.

  1. Berdayakan Karyawan Anda

Tidak selalu efisiensi proses atau prosedur internal yang menjadi masalah. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengidentifikasi karyawan yang tidak termotivasi memberikan upaya minimal di tempat kerja.

Sejumlah faktor dapat memicu kurangnya motivasi karyawan. Mungkin mereka tidak memiliki tingkat pelatihan yang sesuai untuk tanggung jawab yang mereka miliki. Atau mungkin mereka menerima lebih sedikit remunerasi tetapi untuk tingkat pekerjaan yang lebih tinggi. Keadaan eksternal juga dapat menyebabkan stres. Misalnya, di Amerika Serikat, sekitar 70% pekerja mengaitkan tingkat stres mereka yang lebih tinggi dengan wabah COVID-19.

Apa pun masalahnya, memberdayakan pekerja Anda dan mempertahankan moral mereka akan berkontribusi signifikan terhadap kesuksesan perusahaan Anda. Berikan mereka gaji yang menarik, suasana kerja yang menyenangkan, dan tunjangan seperti bonus dan jam kerja yang fleksibel. Ini dapat meningkatkan motivasi secara keseluruhan dan membuat mereka merasa ingin bekerja keras untuk Anda.

5 Cara Menghemat Operasi untuk Bisnis Jasa

  1. Pertimbangkan Outsourcing

Outsourcing adalah tindakan mendelegasikan tugas, operasi, peran, atau prosedur kepada tenaga kerja pihak ketiga. Dalam kebanyakan kasus, ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran atau meningkatkan produktivitas.

Mempekerjakan kontraktor pihak ketiga seringkali lebih murah daripada mempekerjakan pekerja penuh waktu atau paruh waktu karena Anda hanya mengkompensasi layanan atau pekerjaan yang diselesaikan. Di sisi lain, mempekerjakan pekerja penuh waktu memberi Anda tanggung jawab untuk memberikan bonus tertentu dan membayar pajak gaji, antara lain.

  1. Analisis Hasil dan Harapan

Optimasi proses dan mendesain ulang alur kerja seringkali merupakan upaya yang memakan waktu. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang kemungkinan konsekuensi dari praktik ini dan menganalisis hasilnya. Evaluasi apakah menyederhanakan aktivitas perusahaan tertentu sepadan dengan waktu. Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin berpikir proyeksi laba atas investasi tidak membenarkan pengeluaran awal.

Juga, pertimbangkan bagaimana perkembangan ini akan memengaruhi dinamika pekerja Anda. Jika Anda memasukkan uang ke dalam teknologi otomasi, dapatkah Anda mengalokasikan kembali tugas lain kepada karyawan Anda?

Intinya

Proses mengintegrasikan operasi baru dan yang disempurnakan ke dalam bisnis Anda akan memakan waktu. Lakukan secara perlahan, libatkan tim Anda, dan pertimbangkan ide-ide mereka. Ingat, tidak ada yang namanya proses tanpa cacat, itulah sebabnya penting untuk berkonsentrasi pada pengembangan berkelanjutan.