5 Cara Desainer Mengatasi Stuck Kreatifitas

5 Cara Desainer Mengatasi Stuck Kreatifitas

5 Cara Desainer Mengatasi Stuck Kreatifitas – Proses kreatif bisa jadi tidak bisa dipahami. Untuk membuat desain yang hebat, Anda perlu merasa terinspirasi dan berada di zona tertentu. Seperti yang mungkin Anda alami, tidak mungkin merasa seperti ini sepanjang waktu. Blok kreatif bisa tampak tidak dapat diatasi, dan masalah menjadi lebih buruk ketika pekerjaan Anda berkisar pada naluri kreatif Anda. Pada saat seperti itu, akan sangat membantu untuk mundur dan mengikuti beberapa aturan yang telah dicoba dan diuji untuk membantu Anda mengatasi hambatan. Perhatikan bahwa setiap desainer berbeda, dan beberapa aturan akan bekerja lebih baik untuk Anda daripada yang lain.

Berikut 5 Cara Desainer Mengatasi Stuck Kreatifitas

Mengatasi Blok Kreatif – Detoks

Desainer hari ini menghabiskan seluruh waktu mereka menggambar di layar elektronik dengan stylus. Meskipun nyaman, ada sesuatu yang hilang dalam proses kreatif. Merasakan goresan pensil, pena, atau kuas di atas kertas atau kanvas merangsang bagian kreatif dari pikiran, dan mengejutkan betapa seringnya kreativitas mengalir. Jika Anda pernah terjebak pada sebuah proyek, menjauhlah dari layar dan letakkan pensil atau instrumen pilihan Anda di atas kertas. Dapatkan menggambar atau melukis. Dunia digital kita penuh dengan gangguan, dan mereka dapat berkontribusi pada blok kreatif. Melangkah menjauh dari segalanya dan kembali ke dasar, hal yang Anda sukai sejak awal akan membantu Anda melihat objek secara berbeda.

Membuat sketsa dan melukis mengharuskan Anda untuk melihat objek secara berbeda karena tidak ada alat digital untuk membantu Anda mengubah ukuran atau memodifikasi kreasi Anda. Ini memaksa otak Anda untuk memikirkan apa yang Anda lakukan. Hasilnya adalah waktu istirahat yang sangat dibutuhkan sambil merangsang pusat kreatif pikiran Anda.

Berhenti Memaksanya

Kreativitas tidak bisa dipaksakan, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sekarang. Meskipun tidak mungkin untuk mengatakan dari mana inspirasi kreatif berasal, itu pasti tidak datang dari menatap selembar kertas kosong berharap sesuatu memancar. Untuk menjadi kreatif, Anda perlu mengambil langkah mundur dan mengevaluasi kembali segalanya. Lihatlah pekerjaan Anda dengan mata segar.

Mungkin Anda memilih template yang salah, untuk memulai? Saat mendesain situs web baru, mengakses berbagai templat sangat penting karena membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Alih-alih melihat ini sebagai tugas yang merobek apa yang telah Anda lakukan, anggap itu sebagai evaluasi ulang. Anda hanya dapat membuat segalanya lebih baik dengan melihat semua yang Anda lakukan dengan mata segar. Jika kreativitas masih belum muncul, pergilah dan kembali ke proyek Anda nanti. Bukannya proyek Anda akan hilang. Luangkan waktu untuk menjauh, mencari inspirasi, dan kembali ketika waktunya terasa tepat.

Mengatasi Blok Kreatif – Temukan Sumber Inspirasi Baru

Keanekaragaman adalah sahabat desainer. Semakin luas bidang inspirasi Anda, semakin baik desain Anda. Buatlah titik untuk mengeksplorasi sebanyak mungkin gaya artistik yang berbeda. Latihan yang baik untuk dilakukan adalah meniru karya seniman yang Anda kagumi. Tidak harus artis terkenal, bahkan bisa menjadi replika website yang desainnya Anda kagumi. Membuat ulang desain memberi Anda kesempatan untuk melihat solusi saat mengalami masalah. Ini mempersingkat proses penemuan solusi dan memberi otak Anda wawasan tentang bagaimana masalah diselesaikan. Anda bahkan mungkin menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah tersebut.

Desainer yang melakukan banyak pekerjaan juga dapat mengambil manfaat dari mengotomatisasi banyak proses mereka. Banyak waktu dapat hilang dengan menciptakan elemen serupa untuk klien, berulang kali. Sebaliknya, menggunakan fitur seperti Kit Situs Web Lengkap Elementor dapat menghilangkan waktu yang Anda habiskan untuk pekerjaan berulang dan memaksa Anda untuk fokus pada pekerjaan kreatif yang membuat perbedaan. Kelola waktu Anda dengan baik dan jelajahi gaya artistik yang berbeda. Pekerjaan Anda akan matang saat Anda tumbuh, dan Anda akan menemukan batasan baru untuk didorong.

5 Cara Desainer Mengatasi Stuck Kreatifitas

Memecahnya

Seringkali, blok kreatif merupakan indikasi bahwa tugas yang Anda hadapi terlalu besar untuk dipahami oleh otak Anda. Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Dalam situasi seperti itu, yang terbaik adalah memecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menanganinya satu per satu. Mengurangi ukuran masalah memaksa otak Anda untuk melihat situasi yang lebih kecil dan mencari solusi yang lebih kecil. Proses ini jauh lebih mudah dikelola, dan mengurangi beban pada otak Anda. Hasilnya adalah ledakan kecil kreativitas yang dapat memberi Anda daya tarik kreatif untuk mengatasi masalah yang lebih besar, seperti tren yang lebih besar yang mendominasi niche Anda.

Lakukan Sesuatu yang Monoton

Seringkali, otak kita menjadi lelah, dan kita perlu istirahat total dari segala hal yang kreatif. Anggap saja sebagai relaksasi sepenuhnya setelah mengunjungi gym. Setiap orang membutuhkan istirahat sesekali, dan otak Anda tidak berbeda. Melakukan sesuatu yang membutuhkan sedikit kekuatan otak, seperti mencuci piring, menyikat gigi, atau mencuci pakaian akan membuat otak Anda sibuk dan memungkinkannya untuk menyegarkan diri. Ketika waktunya tepat, Anda akan merasakan dorongan untuk kembali mendesain, dan ide-ide akan mengalir.

Mengatasi Blok Kreatif – Banyak Cara, Satu Tujuan

Tujuan setiap desainer adalah menciptakan sesuatu yang Luar biasa. Kreativitas bisa menjadi hal yang sulit untuk ditangani, tetapi dengan kiat-kiat ini, Anda akan memiliki pegangan yang lebih baik tentang bagaimana hal itu datang dan pergi. Seiring waktu, Anda akan menemukan apa yang paling cocok untuk Anda dan pada akhirnya akan mengelola blok desainer dengan baik.