5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perusahaan Beralih ke P2P Cloud

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perusahaan Beralih ke P2P Cloud

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perusahaan Beralih ke P2P Cloud – Ini adalah fakta yang diketahui bahwa sebagian besar perusahaan masih mempertahankan struktur penyimpanan cloud data tradisional. Ini memaparkan informasi mereka pada kerentanan dengan banyak potensi risiko keamanan.

Namun, bagaimana jika perusahaan dapat menempatkan data mereka di infrastruktur yang terdesentralisasi? Manfaat apa yang akan mereka dapatkan? Seperti apa prosesnya? Berapa banyak uang yang akan dihemat perusahaan dalam melakukan ini?

Artikel ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dan banyak lagi. Tapi pertama-tama, mari kita jelaskan situasi pusat data terpusat saat ini.

Kondisi Saat Ini dari Pusat Data Terpusat di Seluruh Dunia

Jumlah total pengguna internet di seluruh dunia tumbuh sebesar 332 juta dalam 12 bulan terakhir, dengan lebih dari 900.000 pengguna baru setiap hari. Untuk menanggapi tingkat pertumbuhan di luar grafik ini, perusahaan telah mengembangkan komputasi awan terpusat dan pusat penyimpanan data yang masif. Sayangnya, oleh karena itu, infrastruktur Internet server biasanya hanya ditempatkan di wilayah paling maju di planet ini, dengan distribusi yang kurang memadai ke seluruh dunia.

Di sisi lain, dibutuhkan waktu dan miliaran dolar untuk membangun pusat data skala besar yang dapat memperbaiki situasi ini. Pada saat yang sama, tidak semua aspek dampak lingkungan dipertimbangkan dalam pembuatan fasilitas tersebut, yang mempersulit situasi karena penggunaan perangkat elektronik mencakup antara 10-20% dari pasokan listrik dunia pada tahun 2020.

Namun demikian, Internet adalah jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga penting untuk memiliki infrastruktur yang aman dan terdesentralisasi serta arsitektur yang murah untuk menyimpan, berbagi, dan di dunia yang ideal mengontrol informasi kita.

Penyimpanan Cloud P2P Adalah Cara Terbaik untuk Menjaga Data Anda Tetap Pribadi dan Aman

Jaringan penyimpanan cloud peer-to-peer adalah platform terdesentralisasi dan terenkripsi berdasarkan node, di mana node ini adalah orang-orang di seluruh dunia yang menyimpan data dengan cara yang paling aman dan pribadi.

Berikut 5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perusahaan Beralih ke P2P Cloud:

1) 100% Aman dan Tahan Sensor

Karena tidak ada server terpusat, sistem P2P tidak memiliki satu titik pelanggaran potensial dan dengan demikian satu titik kegagalan. Akibatnya, server mana pun dapat gagal secara dahsyat, mengakibatkan pemadaman data dan berdampak pada jutaan orang sekaligus.

Kekuatan penyimpanan cloud P2P dihasilkan di node yang didistribusikan di seluruh dunia, di mana data dipotong-potong sebelum disimpan di node yang berbeda dan direkonstruksi hanya saat dibutuhkan oleh pengguna. Ini berarti bahwa jika sebuah node dimatikan, infrastruktur desentralisasi yang menyembuhkan diri sendiri akan mendistribusikan kembali data ke node lain dan membuatnya tersedia sepenuhnya di jaringan lagi dalam milidetik.

Di sisi lain, sensor semakin banyak digunakan di Internet, menunjukkan bahwa itu bukan lingkungan yang bebas dan netral seperti dulu. Ada tiga bentuk penyensoran saat ini:

  • Melarang akses orang ke tujuan dan layanan Internet tertentu.
  • Menonaktifkan akses ke teknologi pengganggu yang memungkinkan pengguna mengatasi sensor.
  • Mengidentifikasi pengguna yang menghindari sensor.
  • Beberapa alat penyensoran tersedia, di mana sebagian besar memanfaatkan fakta bahwa lalu lintas pengelakan mudah diidentifikasi.
  • Itulah mengapa setiap orang membutuhkan akses ke solusi cloud P2P dan sistem file P2P yang benar-benar andal dan dapat diskalakan secara global.
  • Penyimpanan Cloud (Gambar Perwakilan, Kredit foto: Gerd Altmann)

2) Ekosistem Terdesentralisasi

Memiliki infrastruktur aman peer-to-peer sangat penting untuk solusi web3 apa pun untuk menskalakan solusi web3 Hosting secara efisien dan menyimpan data pada infrastruktur tersebut memberikan beberapa keuntungan utama. Berikut adalah dua manfaat:

Unduhan Data yang Efisien

Waktu pengunduhan file adalah salah satu indikator kinerja paling penting untuk proyek apa pun. Dalam jaringan penyimpanan cloud peer-to-peer, waktu pengunduhan sangat cepat karena jaringan menemukan jalur terpendek untuk transit data, dan tidak bergantung pada server terpusat untuk menyampaikan informasi. Hasilnya adalah latensi yang berkurang, jalur yang lebih pendek dan lebih berkelanjutan, koneksi multiple hop, dan lalu lintas lintas ISP menjadi hambatan untuk membuat pengunduhan data lebih cepat.

Jaringan P2P dapat mengambil rute yang paling efisien karena infrastruktur didistribusikan di banyak lokasi dan oleh karena itu data dapat disimpan lebih dekat ke tempat yang paling membutuhkannya. Ini dapat dibandingkan dengan “VPN jaringan peer-to-peer global” yang beroperasi di atas jaringan yang ada dan mencari jalan apa pun untuk konektivitas. Di pinggiran, sangat diautentikasi.

Infrastruktur yang Lebih Hemat Biaya

Di sisi lain, penyimpanan cloud P2P menghilangkan kebutuhan akan server terpusat yang mahal yang memerlukan pemeliharaan dan pemantauan berkelanjutan. Selain itu, untuk mendukung tumpukan perangkat keras pusat data, sistem pendingin yang sangat besar diperlukan untuk membuatnya tetap dingin, yang menyebabkan biaya tambahan yang tidak perlu. Dengan memiliki banyak orang dan organisasi yang menampung infrastruktur di mana saja di seluruh dunia, banyak efisiensi dicapai. Hal ini memungkinkan penyimpanan set data besar dengan biaya yang berkurang secara signifikan.

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perusahaan Beralih ke P2P Cloud

3) Otomatis 100%

Pusat data yang beroperasi saat ini dipantau oleh proses semi-otomatis, di mana satu-satunya cara untuk memverifikasi bahwa semuanya berjalan dengan baik adalah melalui supervisor. Sayangnya, ini membuat sistem rentan terhadap kesalahan manusia dan kemungkinan peretasan berbahaya.

Oleh karena itu, jika sistem penyimpanan cloud terdesentralisasi digunakan, overhead dan backdoor ini akan dihilangkan karena sistem akan 100% dikendalikan oleh teknologi otonom yang dapat menjalankan semua beban kerja.

4) Ramah lingkungan

Salah satu manfaat signifikan dari migrasi dari penyimpanan pusat data tradisional ke jaringan peer-to-peer adalah kapasitas hemat energi yang tinggi. Menurut Computational Research, perusahaan dapat menggunakan energi 87% lebih sedikit jika mereka bermigrasi ke penyimpanan cloud.

Namun demikian, tantangan untuk memaksimalkan penghematan energi di industri TI harus terus dilakukan, sehingga telah mencapai tingkat netralitas karbon yang dicanangkan. Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini ramah lingkungan, ini mengurangi jumlah energi hijau yang dapat diakses oleh ekonomi lainnya yang mereka operasikan.

Terakhir, ada satu alternatif penyimpanan cloud P2P yang memenuhi persyaratan ini: ThreeFold — solusi integral yang dibuat untuk memecahkan masalah spesifik yang disebutkan di atas. ThreeFold adalah infrastruktur +terdesentralisasi, aman, dan jaringan internet terdesentralisasi mandiri, yang menawarkan efisiensi yang terus berkembang dan cara-cara inovatif untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

5) Pelanggaran Data dan Pemadaman Listrik

Ingat kapan terakhir kali Anda melihat berita terkait pelanggaran data dan pemadaman listrik di industri penyimpanan data? Ini terjadi sepanjang waktu dan beberapa konsekuensi yang tidak dapat dipulihkan telah terjadi selama beberapa tahun terakhir karena perusahaan teknologi besar menempatkan data mereka di dalam pusat data tradisional.

Ketika pelanggaran data terjadi, biasanya karena:

  • Kurangnya keamanan internal
  • Perangkat keras penyimpanan data yang tidak dapat diandalkan
  • Kata sandi pengguna yang lemah.
  • Ancaman siber terhadap pusat data terpusat
  • Kesalahan manusia yang mengarah ke pintu belakang dalam sistem

Di sisi lain, pemadaman listrik terjadi karena:

Satu titik kegagalan

Lalu lintas data tinggi yang tidak dapat didukung oleh server terpusat Alasan meteorologis (Badai, gempa bumi, angin kencang, salju)

Serangan siber ke pusat data terpusat

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar penyebab yang menghasilkan pelanggaran data dan pemadaman listrik dapat diperbaiki jika perusahaan dapat menerapkan jaringan peer-to-peer untuk mengelola data mereka, yang menjadikan ThreeFold solusi terbaik.

Mengapa Anda Ingin ThreeFold Sebagai Solusi Penyimpanan Cloud P2P Anda

Dengan ThreeFold, data Anda didistribusikan di seluruh jaringan cloud terdesentralisasi dari node yang menggunakan perangkat lunak sumber terbuka dan ultra-aman dari ThreeFold. Bersama-sama, node ini membentuk jaringan global komputasi dan penyimpanan yang saling berhubungan yang dapat menampung semua bentuk data dan aplikasi

Pada saat yang sama, node terdesentralisasi ThreeFold memiliki alamat IPv4 dan IPv6. Mereka sepenuhnya saling berhubungan, dan semua lalu lintas di jaringan ThreeFold dienkripsi dan dianggap sebagai infrastruktur peer-to-peer yang lengkap, sehingga data tidak mungkin dicuri, dimodifikasi, atau dimatikan. Ini sangat berbeda dari mekanisme konsensus blockchain di mana data dibagikan di seluruh jaringan. Di ThreeFold, pengguna mendapat manfaat dari lingkungan pribadi unik yang hanya dapat diakses melalui kunci pribadi mereka.