4 Cara Agar Kepemimpinan Anda ke Tingkat Selanjutnya

4 Cara Agar Kepemimpinan Anda ke Tingkat Selanjutnya

4 Cara Agar Kepemimpinan Anda ke Tingkat Selanjutnya – Setiap pemimpin bisnis yang sukses tahu bahwa mereka membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mencapai puncak dan mengelola tim yang sangat efisien. Membawa keterampilan kepemimpinan Anda ke tingkat berikutnya bisa menjadi proses seumur hidup yang melelahkan yang membutuhkan banyak pembelajaran dan refleksi pada aspek-aspek yang dapat Anda tingkatkan.

Para pemimpin bisnis yang menghadapi tren Pengunduran Diri Hebat lebih ditekan dari sebelumnya untuk mengembangkan keterampilan mereka, mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan dan menarik talenta terbaik, dan menyelamatkan bisnis mereka dari tingkat turnover tinggi yang berpotensi menghancurkan.

Di sini, 4 Cara Agar Kepemimpinan Anda ke Tingkat Selanjutnya.

Jujur pada Diri Sendiri dan Karyawan Anda

Masa pemimpin yang berwibawa dan tidak terikat sudah lama berlalu. Jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan karyawan Anda saat ini, Anda perlu menunjukkan sisi rentan Anda. Berbagi pengalaman dan masalah berbeda yang harus Anda tangani selama bertahun-tahun adalah cara tercepat untuk membangun hubungan yang tahan lama dan dapat dipercaya dengan karyawan Anda.

Lebih lanjut, menurut Uche Ezichi, pembicara internasional, penulis yang diterbitkan, dan pelatih eksekutif, ketika berbicara tentang kepemimpinan otentik, semuanya berputar di sekitar 3 F. Bersikap adil, menyenangkan, dan tegas.

Menumbuhkan bisnis membutuhkan kerja dan usaha yang berdedikasi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memasukkan beberapa kesenangan dalam aktivitas harian tim Anda.

Memperlakukan karyawan Anda secara adil harus menjadi prioritas utama. Tapi ini mungkin tugas yang berat, terutama jika Anda menjalankan tim hibrida dan Anda perlu waktu untuk mengenal karyawan Anda dan melacak kinerja mereka.

Untungnya, solusi canggih, seperti perangkat lunak pemantauan karyawan, dapat membantu Anda membuat evaluasi kinerja karyawan yang adil dan real-time dengan mendapatkan wawasan mendetail tentang aktivitas sehari-hari mereka. Dengan menawarkan umpan balik berbasis data yang objektif, Anda dapat memberi penghargaan kepada mereka yang berprestasi dan memberikan dukungan serta bimbingan tambahan.

Terakhir, bersikap tegas tidak berarti Anda harus tidak bisa didekati dan terlalu menuntut karyawan Anda. Ini hanya berarti bahwa Anda perlu mendefinisikan harapan, batasan, dan tanggung jawab serta menetapkan tujuan yang jelas dan dapat dicapai serta tenggat waktu yang masuk akal.

Fokus Menjadikan Kesehatan Mental sebagai Prioritas

Selama dua tahun terakhir yang ditandai dengan pandemi Covid-19, kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan telah menjadi topik hangat bagi semua pemimpin bisnis. Jika Anda ingin mempertahankan dan menarik talenta terbaik di pasar yang kompetitif, cobalah untuk menciptakan lingkungan kerja di mana karyawan Anda akan merasa didengar dan dihargai.

Lingkungan kerja yang aman secara psikologis membutuhkan pemimpin yang mendengarkan kebutuhan dan keberatan tim mereka serta terbuka terhadap ide dan saran mereka.

Dengan mendedikasikan waktu untuk mendengarkan pekerja Anda, Anda akan memberikan otonomi kerja yang sangat diinginkan, melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, dan mendorong mereka untuk mengungkapkan pikiran mereka, membuat kesalahan, dan belajar dari mereka.

Luangkan Waktu untuk Fokus dan Berpikir Jelas

Para pemimpin bisnis yang bertanggung jawab atas perencanaan struktur dan budaya perusahaan serta membayangkan arah bisnis mereka di masa depan perlu memiliki waktu tenang untuk berpikir. Namun, ini jarang terjadi.

Hari-hari Anda mungkin dipenuhi dengan rapat yang tidak perlu dan berbagai gangguan digital, seperti email atau notifikasi Slack yang merusak fokus Anda, yang meminimalkan waktu Anda untuk berpikir tenang tanpa gangguan.

Hal ini dapat menyebabkan terlalu banyak bekerja dan kelelahan, yang menghancurkan produktivitas Anda. Jika Anda ingin menghindari hasil yang berbahaya ini, Anda perlu menyediakan waktu untuk fokus, pekerjaan yang bermakna, dan membatasi aktivitas yang tidak produktif. Bayangkan kondisi optimal di mana Anda dapat menjernihkan pikiran dan fokus pada prioritas utama bisnis Anda untuk menghasilkan ide-ide segar dan solusi yang efektif.

Lebih Dekat dengan Tim

Realitas tempat kerja yang berubah dengan meningkatnya permintaan untuk pengaturan kerja hibrida dan jarak jauh telah mempersulit pemberi kerja untuk terhubung dengan karyawan mereka dan mengenal mereka lebih baik. Tetapi jika Anda ingin mencegah karyawan berkinerja tinggi pergi, Anda perlu mengembangkan budaya yang mengutamakan orang dan membuat pekerja kantoran dan jarak jauh Anda merasa diterima dan dihargai secara setara.

Anda juga perlu memastikan pencapaian mereka diakui secara setara antara tim jarak jauh dan berbasis kantor Anda. Anda dapat mencapai ini dengan mengatur rapat virtual di mana Anda akan mengenal karyawan Anda, mengidentifikasi kebutuhan mereka, dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi mereka.