3 Jenis Baterai Inverter Yang Harus Anda Ketahui

3 Jenis Baterai Inverter Yang Harus Anda Ketahui

3 Jenis Baterai Inverter Yang Harus Anda Ketahui – Di era digital saat ini, tidak terbayangkan bisa bertahan hidup tanpa gadget dan peralatan yang membuat hidup kita santai dan nyaman. Namun, ketika listrik padam, hal-hal menjadi terhenti. Di sinilah Anda membutuhkan solusi pencadangan daya yang cerdas seperti inverter dengan baterai yang efisien.

Sebelum Anda memutuskan untuk sistem cadangan listrik rumah, Anda harus memahami mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Inverter sangat cocok untuk rumah dan perusahaan yang lebih besar juga. Saat membeli inverter, pastikan Anda mempelajari baterainya.

Jadi, apa sebenarnya fungsi baterai inverter?

Fungsi inverter sedemikian rupa sehingga menyesuaikan pasokan muatan listrik dari baterai inverter sesuai kebutuhan Anda, sedangkan baterai itu sendiri bertanggung jawab untuk menyimpan biaya cadangan. Ada berbagai jenis baterai seperti, baterai GEL, baterai plat datar dan baterai tabung. Merek yang andal dan bereputasi baik seperti Luminous menawarkan pilihan lengkap dari ketiga jenis baterai.

Berikut adalah 3 Jenis Baterai Inverter Yang Harus Anda Ketahui:

  1. Baterai Gel

Baterai GEL mirip dengan baterai timbal-asam tradisional, dengan silika ditambahkan ke elektrolit untuk membuat zat seperti gel, di dalamnya. Baterai gel timbal-asam siklus dalam dibuat kokoh, dan sepenuhnya bebas perawatan, yang membuatnya sempurna untuk inverter. Ini disegel, dikontrol katup & dengan demikian benar-benar aman dan ramah lingkungan.

Baterai gel direkayasa untuk memberikan kepadatan energi terbaik di kelasnya yang tersedia per satuan volume atau berat. Baterai GEL yang bijaksana dapat menggunakan teknologi pelat datar atau teknologi pelat Tubular. Baterai GEL plat tubular adalah yang paling cocok untuk baterai inverter untuk aplikasi rumah.

  1. Baterai Inverter Plat Datar

Baterai pelat datar seperti baterai timbal-asam yang terbuat dari pelat positif dan negatif. Di sini baterai dinamakan FLAT karena bentuk geometris pelatnya FLAT.

Baterai ini memiliki dua komponen yang terlihat, yaitu:

  • Struktur Bagian yang bertanggung jawab untuk transmisi listrik yang dihasilkan pada pelat dan memegang komponen aktif lainnya.
  • Bahan kimia reaktif Bagian yang menghasilkan energi listrik di dalam baterai.

Baterai pelat datar sangat cocok untuk aplikasi arus tinggi instan karena luas permukaan pelat yang lebih besar. Baterai tersebut diisi ulang lebih cepat daripada baterai Tubular sebagai perbandingan.

  1. Baterai Inverter Plat Tubular

Baterai Tubular identik dengan baterai timbal-asam yang dibuat dari pelat positif dan negatif. Namun, di sini struktur geometris pelat positif berbentuk tabung, sedangkan pelat negatif datar.

Pelat positif dibangun dalam bentuk tabung untuk menyediakan komponen kimia aktif di dalam baterai dengan dukungan tambahan. Pelat tersebut memiliki sistem pendukung berbentuk tabung di sekitar bahan kimia reaktif, memastikan bahwa bagian responsif tetap di tempatnya selama masa pakai baterai.

Dari segi desain dan konstruksi, baterai TUBULAR umumnya kuat, dan karenanya memiliki masa pakai sekitar 5 hingga 8 tahun, dalam kondisi pengoperasian normal. Ini terutama digunakan untuk zona pemadaman listrik yang diperpanjang, di mana durasi pemadaman listrik relatif lebih lama dari biasanya atau di mana beban besar (seperti AC, geyser, pompa, dll.) perlu dibantu. Baterai tubular juga ideal untuk tugas siklik, di mana beban berat yang konsisten perlu dijalankan.

Ada dua jenis baterai tabung:

berbentuk tabung pendek

Baterai tubular pendek cocok untuk ruangan kecil karena ukurannya yang ringkas. Hal ini dapat dengan mudah ditempatkan pada kabinet tinggi rendah. Selain kemudahan pemasangan, baterai tabung pendek juga tahan lama, memerlukan perawatan yang rendah, dan berkisar antara 60AH hingga 150AH.

Tubular Tinggi

Baterai tubular tinggi dapat digunakan untuk menjalankan perangkat listrik yang membutuhkan konsumsi daya tinggi. Baterai tubular tinggi, mulai dari 110AH hingga 225AH, dirancang untuk aplikasi beban berat dan area pemadaman listrik yang lama.Baterai tubular tinggi paling cocok untuk peralatan pelepasan dalam.

Akhir Kata

Lain kali ketika Anda berada di rumah, bekerja atau hanya menikmati hari libur, dan ada pemadaman listrik, Anda tidak perlu menghabiskan waktu melawan panasnya musim panas menunggu AC Anda mulai bekerja lagi. Investasikan pada inverter yang andal dengan jenis baterai inverter yang tepat untuk mendukungnya. Merek terkenal seperti Luminous menawarkan berbagai baterai inverter tergantung pada kebutuhan Anda. Pilih dari berbagai macam GEL, pelat datar, dan baterai tabung untuk inverter. Buatlah pilihan berdasarkan informasi dan hindari kesengsaraan kekuasaan.