3 Cara Agar Startup Hemat tapi untung besar

3 Cara Agar Startup Hemat tapi untung besar

3 Cara Agar Startup Hemat tapi untung besar – Setelah mencapai level terendah dalam dua dekade pada tahun 2013, aktivitas startup telah meningkat selama tiga tahun terakhir, mendekati puncak pra-resesi pada tahun 2016, menurut Indeks Aktivitas Startup Kauffman terbaru. Data menunjukkan bahwa 310 dari setiap 100.000 orang dewasa Amerika menjadi pengusaha pada bulan tertentu tahun lalu.

Jika Anda salah satu dari mereka yang bergabung dengan jajaran pengusaha Amerika, menekan biaya sambil menjaga pendapatan Anda adalah dua prioritas utama untuk kesuksesan startup Anda. Berikut adalah tiga strategi yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan keuntungan startup Anda sambil meminimalkan biaya Anda.

Gunakan Alat BI Kecerdasan Buatan untuk Perencanaan Bisnis Cerdas

Salah satu alat paling kuat saat ini untuk mengembangkan startup Anda adalah kecerdasan buatan. Alat analitik kecerdasan bisnis yang diberdayakan AI dapat membantu Anda membuat keputusan cerdas berbasis data alih-alih mengandalkan intuisi dan keberuntungan. Ini dapat memberi Anda wawasan tentang pemasaran, penjualan, dan operasi Anda yang memberi Anda keunggulan atas pesaing yang membuat keputusan bisnis berdasarkan tebakan. Misalnya, Anda dapat menggunakan alat BI untuk melihat tren pasar yang sedang berkembang, mengidentifikasi pelanggan mana yang paling siap untuk membeli, atau mengungkap inefisiensi dalam proses bisnis Anda yang dapat diperbaiki. Menggunakan alat analisis intelijen bisnis dapat menghasilkan laba atas investasi lebih dari $13 untuk setiap dolar yang dihabiskan, demikian menurut temuan Nucleus Research.

Alat intelijen bisnis terkemuka saat ini termasuk Microsoft Power BI, Google Analytics, IBM Watson Analytics, dan Zoho Reports. Untuk hasil terbaik, gunakan perangkat keras yang mendukung aplikasi kecerdasan buatan, yang membutuhkan banyak memori. Misalnya, smartphone dengan prosesor Snapdragon terbaru menyertakan platform kecerdasan buatan Qualcomm, yang cukup cepat dan kuat untuk menjalankan aplikasi AI pada perangkat yang biasanya memerlukan dukungan dari server cloud pada perangkat yang lebih lambat. Selain memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi intelijen bisnis di perangkat, platform ini juga mendukung aplikasi AI lain yang dapat berguna untuk bisnis, seperti pengenalan wajah untuk otentikasi pengguna biometrik, perendaman realitas virtual, dan pengenalan kamera pintar untuk gambar yang lebih tajam untuk digunakan pada situs web perusahaan Anda.

Terapkan Otomatisasi dan Pengalihdayaan untuk Memaksimalkan Efisiensi Anda

Salah satu penggunaan penting analitik BI adalah melacak efisiensi operasional Anda sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian dan peningkatan. Dua strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi adalah otomatisasi dan outsourcing. Misalnya, jika Anda menggunakan alat perangkat lunak akuntansi berbasis cloud seperti QuickBooks Online, Anda dapat mengurangi tenaga kerja dan biaya pembukuan Anda dengan secara otomatis menyinkronkan data akuntansi Anda dengan titik penjualan, pelaporan pengeluaran, penggajian, inventaris, dan data persiapan pajak.

Contoh lain dari teknologi yang dapat membantu Anda merampingkan efisiensi Anda adalah aplikasi pusat kontak cloud seperti Google Voice, Cisco Unified Contact Center, dan 8×8 Cloud Contact Center. Jenis alat ini menyediakan pusat kontak virtual yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatisasi tugas layanan pelanggan rutin, sekaligus memungkinkan Anda menggunakan pekerja jarak jauh untuk tiket layanan lapangan yang harus ditangani oleh manusia, sehingga menurunkan biaya tenaga kerja Anda.

Tingkatkan Pendapatan Anda dengan Memanfaatkan Teknologi Pemasaran dan Penjualan

Strategi kunci lainnya untuk meningkatkan pendapatan Anda adalah memanfaatkan teknologi pemasaran dan penjualan. Misalnya, alat otomatisasi pemasaran seperti Marketo, Eloqua, dan Customer.io memberi Anda platform untuk mengelola kampanye iklan seluler, media sosial, email, web, dan digital Anda secara otomatis, sementara juga menawarkan alat analitik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan efisiensi kampanye Anda.

Anda juga dapat menggunakan teknologi untuk mengotomatisasi upaya penjualan Anda. Alat CRM seperti Salesforce, BaseCRM, Insightly CRM, dan Zoho CRM memungkinkan Anda mengotomatiskan tugas-tugas seperti mengidentifikasi prospek populer, memesan janji temu, dan melacak riwayat penjualan pelanggan.

Menggunakan alat BI kecerdasan buatan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas, menerapkan otomatisasi dan outsourcing untuk memaksimalkan efisiensi Anda dan memanfaatkan teknologi pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan pendapatan Anda adalah tiga strategi unggulan untuk mengembangkan startup Anda. Menerapkan alat-alat ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan efisiensi Anda, memotong biaya Anda, meningkatkan keuntungan Anda dan mengembangkan bisnis Anda.